Serunya Rafting di Sungai Elo Magelang


Serunya Rafting di Sungai Elo Magelang     ̶     Olahraga air seperti rafting atau arung jeram adalah olahraga yang digemari bagi sebagian orang. Serunya mengarungi sungai yang berarus deras, menantang jeram demi jeram, melewati tantangan batu-batu kali yang menghadang, menenteng dayung sebagai senjata dan mengenakan perlengkapan lengkap serta aman adalah bagian dari arung jeram atau rafting.  Apakah Sobat Muncak juga menggemari olahraga yang satu ini? Selain peralatan yang sesuai standar keamanan, tempat yang mendukung juga diperlukan agar olahraga rafting atau arung jeram ini dapat terlaksana.

Berlokasi tidak jauh dari kota Yogyakarta adalah sungai Elo di desa Pare, Blondo, Kelurahan Mungkid, kabupaten Magelang, Jawa Tengah sering digunakan sebagai tempat rafting. Sungai Elo dapat dikatakan sebagai sungai yang cocok buat pemula jika digunakan untuk rafting. Jadi cocok banget nih buat Sobat Muncak yang baru pertama kali atau akan belajar rafting. Tingkat kesulitannya berada di grade II dan III dengan jarak tempuh kurang lebih 12 kilometer. Diperlukan waktu sekitar 2-3 jam untuk mengarungi sungai Elo. Arus sungai dari sungai Elo menciptakan sensasi dan adrenalin yang cukup liar. Start dapat dimulai dari jembatan Blondo dan finish di jembatan Mungkid, Magelang.  Usia anak tujuh tahun ke atas sudah diperbolehkan untuk melakukan rafting atau arung jeram ini. Buat Sobat Muncak dapat sekaligus berwisata keluarga. Tapi jangan lupa meskipun usianya sudah diatas tujuh tahun pengawasan orang tua tidak boleh lepas. Jam buka trip rafting dibuka pagi dan siang. Untuk pagi hari dibuka dari jam 7, 8, 9 dan 10. Sementara trip siang dibuka mulai pukul 11, 12, 13 dan 14 pada waktu setempat.

Memiliki karakter penampang sungai yang sempit serta debit air cukup dan stabil sepanjang tahun merupakan ciri Sungai Elo yang juga menjadi anak sungai Progo. Keindahan panorama alam di sepanjang sungai Elo memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan atau peserta rafting jika dibandingkan dengan lokasi arung jeram yang lain. Karena sungai Elo merupakan anak dari sungai Progo maka atas dan bawah sungai Elo adalah bagian dari sungai Progo. Sungai Progo bagian bawah memiliki grade V untuk rafting sehingga cocok buat professional. Sementara sungai progo bagian bawah masih cocok untuk pemula karena memiliki grade II-III. Akan tetapi sungai Progo atas dan bawah hanya dapat dinikmati untuk rafting saat musim hujan saja. Disarankan untuk datang ke Sungai Elo saat musim hujan agar dapat menikmati sekaligus sungai Progo untuk rafting. Perlu diketahui pada musim kemarau kondisi air sungai Elo Nampak jernih dan berarus tenang sehingga cocok sekali untuk melakukan permainan air yang lain seperti spinning, flip-flop atau sekedar berenang-renang menikmati arus sungai Elo.

Berkunjung ke Magelang bukan hanya rafting juga yang dapat dilakukan. Ada banyak wisata lain yang dapat dikunjungi seperti Candi Borobudur, Candi Mendhut, Punthuk Setumbu, Gereja Ayam, dan lainnya yang berlokasi masih di Magelang dan tidak jauh dari sungai Elo tempat rafting tersebut.

Baca Lainnya:   6 Tempat Seru buat Rafting di Indonesia

Bagaimana Sobat Muncak, menyenangkan sekali bukan? Penasaran dan tertarik dengan sungai Elo untuk langsung menikmati dan merasakan sensasi yang diberikan saat melakukan rafting atau arung jeram ini? Yuk langsung datang ke sungai Elo di desa Pare, Blondo, Kelurahan Mungkid, kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *