5 Tebing Terbaik Untuk Panjat Tebing


5 Tebing Terbaik Untuk Panjat Tebing  ̶   Apakah kalian adalah salah satu dari sekian banyak pecinta Rock Climbing? Lalu apakah sobat Muncak tahu mana aja tebing yang biasa dipakai oleh para climber di Indonesia? Kalau kalian belum tahu, berarti kalian masih climber amatiran dan wajib baca artikel ini. Kali ini kita akan membahas soal gunung terbaik untuk panjat tebing yang ada di Indonesia.

Kalian semua pasti tahu soal istilah panjat tebing atau Rock Climbing dalam bahasa Inggrisnya. Nah, olah raga ini adalah satu dari banyak sekali olah raga di alam bebas dan salah satu bagian dari kegiatan mendaki gunung yang nggak bisa kalian lakukan dengan cara berjalan kaki biasa tapi harus pakai alat dan teknik-teknik khusus. Ya kali tinggal jalan, emangnya naruto? Biasanya panjat tebing itu dilakukan di daerah yang punya kontur batuan tebing dan punya kemiringan sudut sampai 45 derajat dan pastinya punya tingkat kesulitan tertentu. Nah, ini adalah 5 gunung terbaik untuk panjat tebing yang ada di Indonesia. Check this one out!

1.   Tebing Lembah Harau – Sumatera Barat

The first one is Lembah Harau. Lembah Harau adalah salah satu dari 5 gunung yang menjadi gunung terbaik untuk panjat tebing. Lembah Harau ini ada di sebuah ngarai yang berdekatan dengan sebuah kota di Sumatera Barat yang bernama Payakumbuh. Tepatnya di kabupaten Limapuluh Kota. Disini, kamu akan mendapati puluhan jalur yang biasa dipakai memanjat karena tempat ini memang sudah sangat sering dijadikan arena memanjat bagi para climber lokal sampai internasional. Ketinggiannya pun bervariasi, mulai dari 80 meter sampai 300 meter. Tak hanya menawarkan jalur yang menantang untuk memanjat, tapi beberapa bagian puncak kamu bisa melihat keindahan alam yang pastinya akan menghapuskan segala macam kelelahan yang kamu dapatkan pas memanjat Lembah Harau.

2.   Tebing Gunung Padang – Sumatera Barat

Selanjutnya gunung terbaik untuk memanjat bernama Gunung Padang. Dari namanya aja pasti sudah tahu kalau gunung yang satu ini terletak di Kota Padang, Sumatera Barat. Well Sobat Muncak, tebing ini punya bentuk batuan basal yang memiliki tinggi 30 meter. Sama seperti Lembah Harau, gunung yang satu ini punya variasi kesulitan di tiap bagiannya dan punya tonjolan dinding untuk pegangan yang sangat minim. Jadi pasti sangat menantang untuk para Sobat Muncak penggila climbing.

Baca Lainnya:   Hanya Ada 4? Inilah Komunitas Rock Climbing di Indonesia

 3.   Tebing Citatah – Jawa barat

Tebing Citatah ini adalah sebuah kawasan yang berada di Citatah, Bandung Barat. Citatah ini punya 3 bagian tebing, yakni Citatah 48, Citatah 90, dan Citatah 125. Tebing Citatah 48 sendiri punya ketinggian berkisar antara 40-50 meter sehingga akhirnya ia mendapatkan nama Citatah 48 sesuai dengan ketinggiannya. Lalu Tebing Citatah 90 sendiri punya ketinggian 90 meter dan Citatah 125 punya ketinggian sampai 125 meter. Pas banget untuk teman-teman yang ingin menjajal kemampuan memanjat sesuai dengan tingkatannya.

4.   Tebing Ciampea – Jawa Barat

Gunung terbaik untuk panjat tebing selanjutnya adalah sebuah tebing yang berada di desa Ciampea. Ciampea ini berada di sebelah selatan pusat kota Bogor. Tebing yang satu ini punya ketinggian 30-50 meter dan memiliki 5 jalur pendakian yang sudah bisa sobat Muncak lewati. Jalur pendakian di Tebing Ciampea punya level kesulitan yang tidak terlalu sulit, bisa dibilang mudah lah, pas untuk para pemula.

5.   Tebing Bongkok – Jawa Barat

Yang terakhir dari daftar 5 gunung terbaik untuk panjat terbing adalah Tebing Bongkok. Tebing yang satu ini berada di desa Sukamulya, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.  Tebing ini kebanyakan di dominasi oleh jenis batuan andesit. Tebing Bongkok ini punya 3 jalur. Dari ketinggian 40 meter dengan lebar dinding 27 meter dan juga 25 meter. Pas untuk para pecinta climbing.

Nah, kira-kira itulah 5 dari ratusan gunung terbaik untuk panjat tebing yang mungkin bisa jadi rekomendasi untuk Sobat Muncak. Jadi, kalau kalian masih bingung mau berangkat kemana untuk climbing tinggal pilih salah satu dari 5 tebing tersebut.

Sampai jumpa di artikel berikutnya sobat Muncak, semoga bermanfaat yes! See you!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *