Teknik Dasar Diving Bagi Para Diver! Kamu Wajib Tahu!


Teknik Dasar Diving Bagi Para Diver! Kamu Wajib Tahu!  ̶  Halo Sobat Muncak pecinta diving! Ada yang menarik nih untuk artikel kali ini. Ini mungkin artikel yang udah ditunggu banyak Sobat Muncak yang masih newbie dalam soal selam menyelam. Yups! Di artikel kali ini kita akan coba bahas beberapa teknik dasar diving yang wajib diketahui para diver.

Kita semua tahu kalau kegiatan ini memang kegiatan yang keren tapi nggak semua orang bisa melakukan kegiatan ini. Kenapa begitu? Jelas karena kegiatan ini butuh kemampuan dan nggak bisa sembarangan. Sobat Muncak yang ingin terlibat dalam dunia selam menyelam haruslah punya kemampuan dan harus berlatih dulu kalau nggak mau terjadi hal-hal yang membahayakan nyawa.

Untuk menyelam Sobat Muncak harus punya kemampuan yang memenuhi standar. Nah, untuk Sobat Muncak yang masih pemula, ini nih beberapa teknik diving dasar yang wajib kamu tahu. Check this one out!

1.   Teknik Pernafasan

 

Bernafas adalah sebuah teknik yang wajib Sobat Muncak kuasai ketika ingin menyelam. Jangan sampai nggak tahu cara bernafas yang benar ketika menggunakan tabung oksigen ketika menyelam. Kalau salah, bisa kemasukan air dan dapat membahayakan penyelam. Teknik bernafas ini sangat penting, Sobat Muncak harus sering berlatih untuk meningkatkan stamina dan juga belajar cara menyimpan cadangan udara di paru-paru.

Kalau sedang diving, cobalah untuk bernafas pelan, tenang dan dalam. Jangan coba-coba untuk menahan nafas lho, karena itu nggak akan membantu. Sobat Muncak juga harus menggunakan gerakan yang efisien agar menghemat udara di paru-paru.

2.   Teknik menjernihkan masker

Teknik yang satu ini adalah teknik dasar yang wajib diketahui oleh semua Sobat Muncak yang ingin menjajal dunia selam menyelam. Caranya adalah hirup udara dalam-dalam lewat mulut dan sebelum kamu mengeluarkan nafas lewat hidungmu buka sedikit bagian bawah maskernya agar air yang ada di dalam masker itu bisa terdorong keluar. Nah, tekanan udara yang ada di dalam masker ini bisa mencegah air masuk dan tidak akan menganggu pandangan Sobat Muncak ketika menyelam.

3.   Teknik regulator cleaning

Salah satu alat yang dipakai untuk menyelam adalah Regulator. Regulator ini bisa saja mengalami kebocoran lho Sobat Muncak. Kalau misalnya tiba-tiba terjadi kebocoran, Sobat Muncak harus tahu gimana cara mengatasinya. Ada 2 cara mengatasi regulator yang bocor ini. Pertama kamu bisa melakukannya dengan menekan tombol purge untuk mengeluarkan air dari regulator yang bocor dan cara kedua bisa kamu lakukan kalau tombol purgenya bermasalah. Caranya adalah dengan meniup regulator sekencang mungkin sampai airnya keluar dan begitu terus sampai regulatornya bersih dari air.

Baca Lainnya:   Biar Makin Mahir, Coba Pelajari Dulu Teknik Sandboarding Ini

4.   Teknik regulator retrievall

Ada satu bagian alat yang bernama mouthpiece yang bisa jadi lepas ketika sedang di dalam air. Sobat Muncak tak perlu khawatir, selama tahu bagaimana cara mengatasinya, semua akan baik-baik saja. Caranya ada 2 untuk mengatasi masalah ini. Pertama adalah dengan menggunakan gerakan menyapu, yakni mengulurkan tangan ke depan dan buat gerakan seperti menyapu ke samping paha sampai ke bagian belakang sampai selang regulator bisa dicapai oleh lengan. Lalu cara yang kedua adalah dengan menaruh posisi tangan di bagian depan dan menggerakkannya ke pundak bagian belakang sampai nanti Sobat Muncak akan menemukan sambungan regulator dengan tabung. Nah, telusuri sampai ketemu mouthpiecenya lalu pasang kembali.

5.   Teknik naik ke permukaan

Nah, menyelam bukan Cuma soal gimana caranya bisa masuk ke dalam air. Cara berenang menuju ke permukaan juga sangat penting dan itu ada tekniknya sendiri. Caranya kurang lebih begini; Sobat Muncak harus bernafas secara normal terlebih dahulu. Ingat, kecepatan aman ketika naik kepermukaan adalah 9 meter permenit. Nah, kamu bisa berhenti di beberapa titik aman yakni di kedalaman 5 meter selama 3 sampai 5 menit. Kemudian pastikan kalau keadaan permukaan air aman, baru lanjut berenang lagi ke atas. Ketika sampai di atas, Sobat Muncak bisa langsung isi udara di rompi apung biar mengapung.

6.   Teknik berenang

Nggak perlu dikasih tahu Sobat Muncak juga pasti udah ngerti kalau dalam diving, teknik berenang adalah teknik paling wajib. Ya kali, bisa nyelam gak bisa berenang. Itu bukan nyelam namanya, tapi tenggelam. Nah, teknik berenang dalam diving ini sama dengan teknik berenang di snorkeling. Mereka sama-sama mengandalkan dorongan kaki dan kamu nggak perlu menggoyangkan kaki terlalu kencang. Kalau begitu, bisa menguras tenagamu lebih cepat.

Kira-kira itu adalah beberapa teknik dasar diving yang wajib kamu ketahui. Sebelum menjajal dunia selam menyelam, ada baiknya kuasai teknik-teknik tersebut terlebih dahulu agar semua aman dan menikmati bawah laut bisa dilakukan dengan menyenangkan.

See you on the next article!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *