Tips Dapatkan Foto Epic Saat Momen Caving

`Memotret momen menarik saat caving

Memotret momen menarik saat caving


Tips Dapatkan Foto Epic Saat Momen Caving   ̶   Foto tentu suatu hal yang penting untuk mengabadikan sesuatu yang penting dalam hidup. Foto menjadi sesuatu yang wajib saat berkegiatan outdoor karena banyak momen-momen menarik yang harusnya tidak akan pernah terlupakan oleh ingatan! Yup, dengan adanya foto Sobat Muncak tidak perlu berusaha dengan keras untuk mengingat suatu hal. Oleh sebab itu, foto adalah dokumentasi wajib. Dan caving pun juga jadi sasaran yang wajib didokumentasikan oleh kamera. Karena di dalam goa pastilah banyak sesuatu yang indah seperti stalaktit ataupun ornamen-ornamen indah dalam goa. Jadi buat Sobat yang ingin tau tips memotret yang epic didalam goa, coba perhatikan 5 aspek ini deh!

1.    Perlengkapan Kamera Harus Lengkap

Memotret di dalam goa boleh dibilang susah-susah gampang. Dibilang susah karena pencahayaannya yang kurang dan karena ada faktor tidak ratanya permukaan serta sering adanga jatuhan air dari atas yang membuat kita selalu waspada saat memotret. Oleh sebab itu saat di goa, pastikan bawa ransel yang bisa melindungi kamera dan handuk yang melindungi kamera dari tetesan air. Perlengkapaan lain yang harus dibawa yakni tripod, headlamp serta gunakan self timer untuk mengurangi efek getaran pada kamera.

2.    Mode White Balance

Didalam goa tentunya cahaya yang masuk kurang maksimal. Sehingga hasil foto tidak maksimal karena cahaya redup. Oleh sebab itu untuk mengakalinya ialah gunakan flash di mode white balance sehingga akan membantu pencahayaan. Gambar yang akan Sobat dapatkan bila menggunakan flash dimode ini akan terlihat terang tanpa terlalu terang juga. Sehingga bisa dipastikan pas pencahayaannya. Bila masih kurang, cobalah atur ISO nya.

Baca Lainnya:   Tips Memilih Helm Untuk Caving

3.    Atur ISO

Meski sudah diatur di mode white balance flash, tetap saja foto ada bagian yang masih terlihat gelap. Nah disinilah Sobat perlu coba-coba atur ISO. ISO semakin tinggi maka akan semakin terang namun hati-hati ISO yang tinggi akan menyebabkan gambar terlalu putih. Sehingga Sobat harus pintar-pintar dalam mencoba ISO berapa yang cocok untuk foto Sobat.

4.    Pilihlah Lensa Yang Lebar

Sebelum caving, pastikan Sobat Muncak bawa kamera dengan lensa Yang ukurannya lebar. Mengapa harus lebar? Jawabannya agar semakin banyak cahaya yang masuk, yang akan membuat hasil foto pencahayaannya cukup baik. Lensa bukaan lebar akan sangat terasa berbeda bila Sobat gunakan lensa yang bukaannya lebih kecil, karena dengan lensa bukaan lebih kecil akan membuat pencahayaannya sedikit gelap dibanding bukaan lebar.

5.    Simpanlah dalam format RAW

Bila Sobat sudah memotret objek dalam goa, lalu lakukan ialah buat kamera Sobat menyimpan gambarnya dalam formar RAW. Karena dengan format tersebut gambar Sobat akan lebih mudah untuk dilakukan pengeditan. Menu pilihan edit bila gambar format RAW akan memberi banyak pilihan edit untuk Sobat.

Jadi itulah 5 tips yang perlu Sobat Muncak perhatikan sebelum caving. Bila Sobat memperhatikan 5 aspek tersebut, bakal kece deh foto-foto Sobat caving. Dan yang pasti dan utama ialah momen-momen epic saat caving akan terabadikan. Nah sekarang sudah tahu kan Sobat bagaimana cara memotret yang baik saat di goa. Jadi saat caving nanti, jangan lupa abadikan fotomu saat Caving ya Sobat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *