Tips Memilih Helm Untuk Caving

Kegiatan caving selalu memakai helm untuk menjaga keamanan


Tips Memilih Helm Untuk Caving   ̶   Bukan rahasia lagi apabila caving disebut sebagai kegiatan outdoor yang bisa dibilang susah-susah gampang. Mengapa dibilang susah-susah gampang? Karena pada saat caving ada resiko bahaya yang mengintai diri kita. Bahaya tersebut meliputi bahaya jatuhan benda, terpeleset, putus tali dan bahaya-bahaya lain. Oleh sebab itu, untuk mengurangi resiko bahaya tersebut diperlukan suatu perlengkapan yang lengkap agar tingkat keamanan kita saat caving terjamin. Bila keamanan terjamin maka kegiatan caving kita akan terasa sangat seru. Demi mewujudkan keseruan caving Sobat, maka akan kami berikan ulasan tentang tips memilih helm untuk caving. Karena dengan paham bagaimana memilih helm untuk caving maka Sobat akan merasakan banyak manfaat saat caving. So, baca artikel ini sampai habis ya Sobat!

Helm adalah peralatan yang memiliki fungsi untuk melindungi kepala dari jatuhan ataupun benturan. Sangat penting untuk kegiatan beresiko seperti caving. Dalam caving, helm biasa disebut helm speleo ataupun helm petzl. Tentu helm speleo ini berbeda dengan helm biasa. Perbedaannya ialah helm speleo tidak memiliki kaca. Selain itu helm speleo juga harus dilengkapi penerangan. Ikatan tali didagu pun juga lebih ketat dibanding dengan helm biasa. Adapun kriteria yang harus Sobat Muncak pahami dalam memilih helm speleo yang baik dan sesuai sebelum dilakukan kegiatan caving akan dipaparkan pada ulasan dibawah ini.

Memenuhi Standar ISO

Sama halnya dengan helm lainnya, helm speleo juga haruslah berstandart ISO (bila sebutan dihelm biasa SNI). Bila helm speleo Sobat sudah berstandart ISO berarti tergolong helm yang aman untuk caving. Aman untuk caving akan membuat Sobat lebih leluasa dalam beraktivitas saat caving didalam goa.

Baca Lainnya:   11 Peralatan Penting Untuk Rafting

Cek Ori Atau Daur Ulang

Bisa saja helm yang ISO adalah helm yang hasil daur ulang. Maka oleh sebab itu Sobat harus paham dan bisa membedakan helm yang ori dan daur ulang. Cara membedakannya sederhana yakni dengan warna. Bila masih ori warna helm terlihat cerah, jelas dan berwarna. Sementara dihelm daur ulang ialah helm akan berwarna kusam.

Busa

Busa yang harus digunakan pada helm saat caving ialah busa yang tidak mudah kempes. Hal itu digunakan karena bila mudah kempes akan mengurangi kenyamanan kita saat caving. Selain itu busa yang tidak mudah kempes juga menandakan bahwa helm speleo tersebut ori.

Itulah yang harus Sobat pahami terkait cara memilih helm speleo saat caving. Helm speleo harus Sobat gunakan terus saat caving karena akan menjamin keselamatan kepala Sobat. Dan yang harus Sobat pahami, bahwa helm speleo yang berkualitas bagus seperti kriteria diatas akan bermanfaat saat caving vertikal atau menuruni atau menaiki goa yang vertikal karena di goa vertikal banyak sekali bahaya yang mengintai seperti jatuhan ataupun runtuhan. Mungkin Sobat punya kesempataan melepas helm bila Sobat sedang istirahat dalam goa, itupun pastikan lokasi istirahat tidak sempit atau tidak rawan terjadi jatuhan. Jadi dengan menggunakan helm speleo, Sobat Muncak akan merasa aman serta nyaman dan siap taklukan goa apapun. So, selamat caving Sobat, tetap utamakan keselamatan dengan memakai helm speleo ya Sobat!mh

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *