Tips Memilih Papan Surfing Yang Baik


Tips Memilih Papan Surfing Yang Baik  ̶  Sudah pastinya Indonesia memiliki lautan-lautan yang harusnya dimanfaatkan oleh warga negaranya sendiri. Dan salah satu pemanfaatan pesona laut Indonesia ialah dengan Surfing. Surfing bisa dilakukan di lautan atau pantai-pantai di Indonesia, karena pantai Indonesia memiliki ombak yang besar dan konsisten yang  menjadi idaman bagi para pecinta surfing. Pantai di Indonesia yang cocok untuk surfing diantaranya ialah Mentawai, Bali, Pacitan, Pelabuhan Ratu dan tempat surfing lainnya. Oleh sebab itu banyak spot surfing yang harus Sobat manfaatkan untuk belajar surfing. Bayangkan saja bila Sobat menari-nari diatas ombak, keren bukan! Dan salah satu perlengkapan utama yang harus Sobat miliki untuk bisa melakukan surfing ialah Papan surfing. Papan surfing ini penting, karena bila tidak memakai papan surfing maka Sobat tidak akan bisa melakukan surfing. So, tetap baca artikel ini sampai habis ya Sobat, karena kita akan membahas tuntas tentang tips memilih papan surfing yang baik.

Papan surfing yang baik ialah papan surfing yang memiliki kriteria sebagai berikut:

Ukuran

Ukuran papan surfing sangat mempengaruhi saat Sobat akan melakukan surfing. Oleh sebab itu Sobat disarankan paham terlebih dahulu bagaimana memiliki ukuran papan yang sesuai. Ukuran yang harus Sobat pertama kali perhatikan ialah tinggi papan surfing. Tinggi papan surfing haruslah lebih tinggi dari tinggi badan Sobat. Lalu lebar papan surfing harus disesuaikan dengan berat badan Sobat. Untuk bentuk papan surfing sendiri tidak terlalu berpengaruh. Jadi Sobat bisa pilih berbagai bentuk papan surfing sesuai keinginan Sobat.

Baca Lainnya:   Mengenal Jenis Perahu dan Cara Duduk Saat Rafting

Tebal dan Besar

Bila Sobat tergolong surfer pemula atau sedang belajar surfing. Maka kami sarankan Sobat dalam memilih papan selancar haruslah yang tebal dan besar. Mengapa demikian? Karena dengan tebal dan besar pada papan surfing akan terkait dengan daya apung. Semakin tebal dan besar papan surfing maka akan memiliki daya apung yang besar juga. Namun bagi Sobat yang sudah jago dalam surfing dan perlu beberapa gaya dalam surfing maka disarankan gunakanlah yang tipis dan tidak berat, hal ini akan membuat Sobat bergerak lebih dinamis dalam menghadapi datangnya ombak.

Fins

Fins adalah sirip yang berada di punggung papan surfing Sobat. Fins berbentuk seperti sirip ikan hiu. Papan surfing yang baik tentu pastinya memilki Fins. Karena dengan Fins dapat mengatur laju dan arah papan selancar. Bagi para surfer yang sudah mahir dengan gaya-gaya pada surfing, maka fins dengan berbagai menjadi sangat penting untuk mengatur kedinamisan papan surfing saat berada diatas ombak. Dengan memilih fins yang tepat akan memengaruhi gaya yang akan Sobat lakukan saat surfing.

Itulah sekiranya yang harus diperhatikan sebelum Sobat memilih papan surfing untuk Sobat menari-nari diatas ombak. Dengan Sobat paham kriteria pemilihan papan surfing, maka akan sangat membantu dan tentunya surfing Sobat akan lebih seru. So, selamat surfing dan jangan sampai salah memilih papan surfing ya Sobat!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *