Apa itu Wetsuit dan Tips Membelinya


Apa itu Wetsuit dan Tips Membelinya  ̶  Hai Sobat Muncak! Masing punya keinginan untuk menjelajah alam Indonesia atau bahkan dunia? Ingin menjelajah bawah laut juga? Kalau mau nyelam jangan Cuma pakek kolor lho ya, nanti kalau kena karang, bisa sobek kulitnya. Kalau mau nyelam itu wajib pakai yang namanya Wetsuit atau kalau bahasa Indonesianya itu baju basah atau pakaian khusus penyelam. Ini bukan baju biasa yang dibasahin gitu lho ya, tapi ini baju yang punya bahan khusus yang bisa melindungi Sobat Muncak ketika Sobat Muncak sedang menyelam.

Nah, di artikel yang satu ini kita akan coba bahas soal apa sih wetsuit itu, sepenting apa, terus jenisnya apa aja, dan kalau mau milih itu kayak gimana dan harus gimana. Di artikel ini akan kita ulas sedalam mungkin. Kalau kurang dalam, bisa cek artikel yang lainnya disini.

Kenapa harus pakai wetsuit?

Pertanyaan pertama yang pasti dipertanyakan oleh setiap diver apalagi yang pemula adalah, kenapa kita harus memakai wetsuit? Jawaban yang paling utama adalah jelas karena unsur keamanan. Selain itu biasanya para penyelam yang pakai wetsuit jadi keliatan lebih keren dan kece. Nggak mau keliatan keren? Mau pastikan? Selain itu kalau Sobat Muncak memakai wetsuit jika tenggelam, akan cepat ngapung. Kenapa? Karena wetsuit ini punya daya apung yang tinggi yang membuat Sobat Muncak akan dengan mudah muncul ke permukaan air.

Terasa Lebih Hangat

Kalau memakai wetsuit, Sobat Muncak akan terasa lebih hangat. Kenapa? Wetsuit ini kebanyakan dibuat dari material yang bernama neoprene atau karet yang menjebak lapisan air yang ada di antara kulit dan juga pakaian. Nah, air yang terperangkap itu yang menghangatkan tubuh dan menjaga tubuh para diver tetap hangat dan menjaga dari kondisi hipotermia.

Mempercepat pergerakan.

Wetsuit ini juga membantu mempercepat pergerakan di dalam air dan menyediakan daya apung dan membuat penyelam punya posisi tubuh yang pas dan menjadikan diving menjadi lebih efisien. Bahan dari wetsuit memiliki permukaan yang lebih mulus dari pada kulit sehingga mengurangi gesekan dengan air.

Baca Lainnya:   Raja Ampat, Tempat Terindah Untuk Diving!

Menghemat Energi.

Ketika Sobat Muncak melakukan penyelaman yang cukup lama, memakai wetsuit akan membuat tenaga lebih hemat dan tidak mudah lelah. Selain itu, proses penyelaman jadi lebih nyaman dan tidak akan menguras tenaga para penyelam.

Cara Memilih Wetsuit yang terbaik.

Pertanyaan selanjutnya dari Sobat Muncak pasti adalah gimana caranya memilih wetsuit yang terbaik dan paling pas untuk Sobat Muncak. Berikut ini ada beberapa saran yang bisa dilakukan oleh Sobat Muncak ketika memilih wetsuit. Perlu digaris bawahi, Sobat Muncak pertama-tama harus mengetahui kebutuhan Sobat Muncak.

Pertama adalah pertimbangan bahan. Wetsuit terbuat dari neoprene yang memiliki grade yang beda-beda dan juga ketebalan dan fleksibilitas yang juga beda. Nah, Sobat Muncak harus mencari yang paling nyaman untuk Sobat Muncak dan yang terpenting tidak menghalangi gerakan Sobat Muncak ketika menyelam.

Lalu kemampuan mengapung juga harus dipertimbangkan. Bahan yang lebih tebal punya daya apung lebih besar dan bisa membantu anda berenang lebih efisien dan cepat. Tapi kalau terlalu tebal biasanya akan mempengaruhi tingkat fleksibilitasnya.

Pilih yang ada bagian neckline. Wetsuit itu wajib menutup daerah di sekitar leher dengan baik dan menjaganya agar tidak sampai kemasukan air. Karena kalau sampai kemasukan, makan bisa membuat wetsuit penuh air. Jika terlalu ketat juga akan mencekik, jadi pilihlah yang memiliki bagian leher yang lembut dan aman.

Selanjutnya cek pada bagian resleting. Wetsuit ini punya resleting yang mengarah dari bawah ke atas atau sebaliknya. Kedua model ini punya kelebihan dan kekurangannya sendiri tergantung pada kebutuhan individu. Kalau resleting yang ditutup dari atas ke bawah bisa membantu mencegah resleting melorot ketika menyelam dan juga dianggap lebih mudah dipasang.

Perhatikan taped seamsnya. Setiap wetsuit punya taped seams di pergelangan tangan dan kaki. Pilihlah yang mudah dilepaskan tapi juga tetap aman ketika dipakai menyelam.

Intinya, wetsuit ini dibuat untuk membuat pergerakan penyelam lebih baik dan membantu penyelam. Jadi, kalau Sobat Muncak ingin membeli wetsuit, pilihlah yang paling nyaman dan aman dan tentunya cocok dengan kondisi kantong.

Well, itu dulu untuk kali ini, see you on the next article!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *